pisang-cavendish-agrobibitsumatera

Mengenal Pisang Cavendish dan Manfaatnya Bagi yang Mengonsumsi!

Buah pisang adalah buah yang banyak sekali disukai oleh orang. Salah satu jenis buah pisang yang paling mudah untuk didapatkan adalah buah pisang cavendish. Biasanya, buah pisang cavendish ini banyak dijual perbijinya dan juga dibungkus dengan rapi oleh para penjualnya.

Salah satu penyebab buah pisang banyak disukai orang adalah banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, tak terkecuali buah pisang cavendish.

Mengenal Pisang Cavendish

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, terdapat 55 juta ton pisang Cavendish pertahunnya ditanam diseluruh dunia. Rupanya tanaman pisang Cavendish adalah tanaman herbal raksasa.

Daun pada pohon pisang Cevendish ini sangat lonjong dan tersusun secara spiral. Pohon pisang Cavendish bewarna kuning hingga putih pada bunganya saat tumbuh berkelompok di batangnya. Perbungaan pada pohon pisang Cavendish ini dapat muncul di bagian atas dari pseudostem. Bunga betina sendiri tumbuh ke arah pangkal perbungaannya, sedangkan pada bunga jantan terletak pada ujungnya.

Tanaman pisang Cavendish juga dapat menghasilkan buah tanpa memerlukan atau melakukan penyerbukan atau (partenokarpi). Buah pisang Cavendish sendiri tumbuh dalam tandan 10 samapai 20 di mana awalnya akan berwarna hijau dan kemudian akan menjadi kuning saat matang dengan sepenuhnya. Pseudostem pada pisang Cavendish yaitu adalah monokarpik, yang artinya mati setelah berbunga dan juga berbuah.

Di India sendiri, pisang ini memiliki makna spiritual bagi banyak sekali orang. Pisang biasanya digunakan dalam ritual kesuburan dan ditanam di tempat-tempat keramat. Manfaatnya, pisang Cavendish yaitu adalah pada segi tanaman pokok yang telah menyediakan berbagai energi pada seluruh tubuh dan juga makanan yang akan kaya nutrisi.

Manfaat Pisang Cavendish

Pisang Cavendish mengandung berbagai vitamin, vitamin tingkat tinggi yang ada pada pisang cavendish adalah vitamin A dan juga C, beserta memiliki mineral yaitu seperti fosfor, kalsium dan juga kalium, serta juga berkarbohidrat. Seperti disebutkan sebelumnya, banyak bagian dari tanaman pisang Cavendish yang terkenal memiliki khasiat obat.

Kalium dalam pisang dapat membantu mencegah kram otot. Kulit pisang juga memiliki sifat antijamur dan antibiotik. Bunga dari pohon pisang digunakan untuk mengobati bronkitis dan diabetes. Daun muda pada pohon pisang Cavendish ini dapat dioleskan ke kulit tubuh Anda yang bisa dapat menghilangkan berbagai rasa sakit akibat terjadinnya luka bakar.

Pohon pisang ini juga dapat digunakan dalam mengobati berbagai gangguan yaitu pada pencernaan, dan juga getahnya yang telah digunakan dalam mengobati berbagai penyakit seperti diare, demam, epilepsi, obat untuk sengatan pada serangga, dan lain sebagainnya pada bagian akarnya.

Di daerah tropis, daun pisang biasa digunakan untuk berteduh dan biasa digunakan sebagai piring dan untuk membungkus dan menyimpan makanan. Kulit pisang kering memiliki kandungan tanin yang tinggi, sehingga digunakan untuk menggelapkan kulit. Abu dari kulit keringnya bisa atau dapat digunakan dalam pembuatan sabun.

Itulah beberapa manfaat bagian pisang secara umum. Apakah Anda sudah merasakan manfaatnya? atau mungkin Anda merasakan manfaat lain selain yang disebutkan di sini? Share di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat
Jl. Melati Gg Melati E, Komplek Purnabakti

Work Hours
Monday to Friday: 8AM - 5PM
Weekend: 10AM - 5PM