pisang kepok agrobibitsumatera

Mengenal Jenis-jenis Pisang Kepok Beserta Manfaatnya

Ada banyak jenis pisang yang dibudidayakan oleh petani pisang salah satunya pisang kepok. Pisang kepok sendiri merupakan salah satu jenis pisang yang banyak dibudidayakan karena memiliki berbagai keunggulan diantaranya jenis pisang kepok sendiri mudah untuk ditanam, lebih tahan hama penyakit, bisa ditanam pada ketinggian 10-700mdpl, harga jual pisang kepok sendiri tergolong tinggi dan stabil dipasaran, dan bahkan cenderung mengalami kenaikan.

Permintaan pasar pisang kepok cukup tinggi dan luas diantaranya lokal dan ekspor, buah pisang kepok sendiri biasanya dijadikan sebagai gorengan, keripik, bahan baku industri, dan tepung pisang untuk empasi bayi. saat ini pisang kepok sudah diekspor ke negara tetangga seperti malaysia dan singapura. melihat potensi ini banyak sekali para pengusaha tertarik untuk membudidayakan pisang kepok tetapi mereka kesulitan untuk mendapatkan bibit yang berkualitas serta pengetahuan yang mendalam tentang budidaya pisang kepok.

Jenis Pisang Kepok

Pisang kepok terdiri dari beberapa jenis pisang kepok, yaitu pisang kepok kuning, kepok tanjung atau tanpa jantung, kepok papua, kepok putih, kepok keling dan kepok batu. Beberapa jenis pisang kepok ini memiliki syarat-syarat tersendiri untuk dibubidayakan serta memiliki kelebihan-kelebihan diantara jenis pisang kepok lainnya.

Manfaat Pisang Kepok

Pisang kepok adalah salah satu jenis buah yang cukup diminati masyarakat diantara beragamnya buah, buah pisang digemari karena rasanya yang manis, daging buahnya yang lembut dan bisa dimakan langsung atau dijadikan bahan baku olahan seperti pembuatan kue, tepung pisang, bolu pisang dll.

Budidaya Pisang Kepok

Untuk memenuhi permintaan pasar supermarket dan juga pasar ekspor, produksi buah pisang kepok kuning juga tidak sembarangan. Harus ada standarisasi yang harus dipenuhi, seperti bobot buah, kualitas dan tampilan buah dimana buah yang diterima pasar ekspor adalah buah dengan kondisi mulus kulitnya atau tidak berbintik, untuk itu pada saat pemeliharaan buah di kebun diupayakan melakukan pembungkusan agar kulitnya mulus dan bersih serta tidak berbintik.

Untuk itu perlu adanya penanganan yang baik dalam budidaya pisang kepok kuning ini. Adapun hal yang sangat penting dalam budidaya pisang kepok kuning adalah sebagai berikut:

1. Bibit
2. Penanaman
3. Perawatan

1. Bibit

Bibit adalah satu komponen yang sangat penting yang menjadi dasar penentu keberhasilan budidaya itu sendiri. Dalam hal ini Agro Bibit Sumatera menyediakan bibit dengan kualitas unggul bebas hama penyakit.

2. Penanaman

Penanaman sebaiknya dilakukan dengan mengikuti prosedur di bawah ini.  Berikut langkah-langkah penanaman pisang kepok kuning yang tepat:

a. Bersihkan lahan
b. Menentukan jarak tanam sekaligus pemberian pancang atau patok
c. Menyediakan pupuk kompos dan dolomit
d. Membuat lobang tanam
e. Membeli dan menyiapkan bibit
f. Menanam bibit

3. Perawatan

a. Penyiangan
b. Penyiraman
c. Pemupukan
d. Pengendalian hama penyakit
e. Pemotongan jantung pisang dan pembungkusan buah
Pisang akan mulai berbuah setelah berumur 9 bulan tanam, di tandai dengan keluarnya jantung pisang. Setelah keluar jantung pisang dan pentil buah telah keluar sempurna kemudian jantung pisang dipotong dengan menyisakan ujung-ujung buah kemudian membungkus buah.
f. Panen dan Pasca Panen
Panen buah pisang dapat dilakukan setelah 3 bulan pemotongan jantung pisang. Buah pisang kemudian diberi label untuk di pasarkan di supermarket.

 

Demikian penjelasan singkat tentang pisang kepok, jenis-jenis pisang kepok, manfaat dan budidaya pisang kepok. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda tertarik ingin membeli bibit pisang kepok kuning, Anda bisa menghubungi tim spesialis bibit agrobibitsumatera melalui nomor whatsapp yang ada di website ini ya.

Leave a Reply

Alamat
Jl. Melati Gg Melati E, Komplek Purnabakti

Work Hours
Monday to Friday: 8AM - 5PM
Weekend: 10AM - 5PM