Bibit Pisang Cavendish

Agro Bibit Sumatera adalah penyedia bibit pisang cavendish dalam bentuk bonggol, tunas dan kultur jaringan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Deskripsi Pisang Cavendish

Banyak jenis tanaman pisang komersial yang telah dibudidayakan di Indonesia, salah satunya adalah Pisang Cavendish (Musa paradisiaca L.).

Pisang Cavendish di Indonesia lebih dikenal dengan Pisang Ambon Putih. Varietas yang dikembangkan di Agro Bibit Sumatera adalah jenis Pisang Cavendish Grand Naine yang banyak dijual di supermarket sebagai pisang meja yaitu pisang yang dihidangkan langsung untuk dikonsumsi. 

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Pohon Pisang Cavendish mempunyai tinggi batang 2,5 – 3 m dengan warna hijau kehitaman. Daunnya berwarna hijau tua. Panjang Tandan 60 – 100 cm dengan berat 15 – 30 kg. Setiap tandan terdiri dari 8 – 13 sisiran dan setiap sisiran ada 12 – 22 buah. Daging buah dari pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning muda halus.

 

pisang barangan merah agrobibitsumatera.com

Manfaat Pisang Cavendish

Pisang Cavendish juga banyak dijadikan sebagai tepung pisang sebagai bahan makanan bayi. Dengan ukuran yang cukup besar, tekstur yang empuk namun padat maka tak heran bila kamu akan merasa kenyang hanya dengan mengonsumsi satu buah pisang cavendish. 

Jadi, bisa dibilang pisang cavendish bisa dijadikan cemilan kamu saat sedang diet atau cocok dikonsumsi balita. Selain dikonsumsi secara langsung kamu juga bisa mengolah pisang cavendish menjadi kue atau smoothies.

Budidaya Pisang Cavendish

Berikut langkah-langkah dalam budidaya Pisang Cavendish :

1. Pemilihan bibit
Hal pertama yg harus dilakukan ketika akan berbudidaya pisang cavendish 
yaitu menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Bibit pisang cavendish bisa berasal dari kultur jaringan maupun dari pengambilan tunas induk. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti bakteri Layu Moko (Pseudomonas solanacearum) dan Layu Panama (Fusarium oxysporum cubense). 

Penyakit ini sangat ditakuti oleh petani pisang. Keunggulan lain adalah bibit yang dihasilkan pertumbuhan dan kualitas genetiknya seragam. Untuk bibit Pisang Cavendish yang diambil dari bonggolan tunas/anakan usahakan dari induk yang memiliki buah baik dan sehat, serta sudah memiliki tinggi 1-1,5 m dengan lebar 15-20 cm. Sebelum ditanam, sebaiknya bibit diberi pestisida dengan dosis 0,5-1 % selama 10-15 menit. Setelah itu keringkan hingga luka hasil potongan tunas menjadi kering.

 

2. Pengolahan Media Tanam
Pengolahan media tanam sangat perlu dilakukan agar tanah menjadi subur dan tanaman bisa tumbuh sempurna sehingga dapat menghasikan buah yang bagus. Tanah yang cocok untuk menanam pisang cavendish yaitu yang memiliki tekstur kering dan subur. Pengolahan tanah bisa menggunakan cangkul atau mesin bajak hingga tanah menjadi gembur. Buatlah juga petakan untuk saluran air dengan lebar petakan bisa disesuaikan sendiri. Pembuatan petakan ini dilakukan untuk permukaan tanah yang miring. Untuk tanah yang memiliki PH < 5.0, dianjurkan diberi kapur dengan dengan dosis 300 kg per hektar. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm x 40cm dengan jarak antar bibit 3m x 3m. Setelah lubang dibuat, langkah selanjutnya adalah menanamkan bibit pisang ke dalam lubang. Tutup lubang hingga bibit tertanam sempurna.

3. Pemeliharaan 
Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan tanaman. Pemeliharaan penting dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas baik. Pemeliharaan tanaman meliputi penjarangan atau perempalan, pengairan dan penyiraman, pemupukan susulan, penyiangan atau penumbuhan, dan terakhir perawatan buah.

4. Pemanenan

Pemanenan umumnya dilakukan setelah pisang berumur 1 tahun. Buah yang siap dipanen kurang lebih memiliki umur 80-100 hari. Ciri-ciri pisang siap dipanen yaitu daun benderanya sudah mengering. Tandan cavendish Pohon Pisang Cavendish mempunyai tinggi batang 2,5 – 3 m dengan warna hijau kehitaman. Daunnya berwarna hijau tua. Panjang Tandan 60 – 100 cm dengan berat 15 – 30 kg. Setiap tandan terdiri dari 8 – 13 sisiran dan setiap sisiran ada 12 – 22 buah. Daging buah putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning muda halus. Umur panen 3 – 3,5 bulan sejak keluar jantung.

Kenapa Agro Bibit Sumatera

Agro Bibit Sumatera adalah penyedia bibit pisang unggul mulai dari bibit pisang barangan merah, kepok, hingga pisang raja buluh.

Bibit Berkualitas

Kami selalu berkomitmen hanya menjual bibit pisang berkualitas atau unggul untuk para customer loyal kami.

Harga Terjangkau

Meskipun bibit berkualitas, kami tetap pastikan harga jual kami masih terjangkau bagi Anda.

Stock Selalu Tersedia

Kami selalu menjaga kualitas produksi dan kebutuhan para customer untuk menjaga agar stock selalu tersedia.

Kata Mereka Tentang Agro Bibit Sumatera

Agro bibit sumatera sudah melayani pelanggan sejak tahun 2016. Berikut ulasan dari para pelanggan kami. 

Alamat
Jl. Melati Gg Melati E, Komplek Purnabakti

Work Hours
Monday to Friday: 8AM - 5PM
Weekend: 10AM - 5PM